BUDAYA

Ziarah ke makam di jepang “OBON”

Ziarah ke makam di jepang.( festival obon)

Salam ketemu lagi sahabat2 semua,bersama saya di blog ini “HIDUP DI JEPANG”.

Kali ini aku akan mengulas sedikit tentang budaya orang jepang tentang “OBON dan OHAKA MAIRI”.

 

Apa itu OBON(お盆),,,
apa itu OHAKA MAIRI,,,,       yuuukk kita baca sama sama,,,,,

 

Dalam kehidupan sehari hari kita memang tidak pernah lepas dari beragam adat budaya dan kepercayaan yang dianut.begitu pula dengan orang2 jepang. Mereka juga memiliki sebuah tradisi atau kepercayaan dalam kehidupan mereka.
Misalnya berziarah ke makam para sanak saudara atau keluarga mereka yang sudah tiada, atau biasa disebut”OHAKA MAIRI“(dalam bahasa jepang お墓参り).

Tradisi ini di laksanakan setiap satu tahun sekali, atau tepatnya pada hari raya “OBON”OBON biasanya jatuh pada pertengahan bulan agustus atau pada saat puncak musim panas di jepang. “OBON“adalah Hari Raya sakaral di jepang untuk melaksanakan pemujaan kepada roh roh leluhur.

Semua orang akan melaksanakan OHAKA MAIRI(ziarah ke makam) untuk mendoakan para arwah leluhur mereka, supaya mendapatkan tempat yang layak di sisiNYA.
Namun sebelum berziarah kemakam ada satu tradisi terlebih dahulu sehari sebelum Ohaka Mairi ini, namanya BON ODORI .

Bon odori adalah semacam tradisi untuk memanggil arwah leluhur di jepang dalam bentuk tarian dan lagu lagu sakral. sebagai lambang bahwa arwah leluhur juga bisa merasakan kebahagiaan di alamnya.

Biasanya orang jepang akan menggunkan buah MENTIMUN yang ditancapkan tusuk gigi sebagai simbolis seekor KUDA , yang di percaya sebagai kendaraan para roh leluhur mereka agar bisa cepat datang kembali kealam nyata untuk mengikuti Hari Raya OBON tersebut.  ,(gambar di bawah),

Dan di hari terakhir Hari Raya OBON ini baru dilaksanakan tradisi atau acara “BON MATSURI” yang artinya Sebuah tradisi persembahyangan yang dilakukan orang jepang di sebuah kuil atau tempat suci lainnya, sebagai bentuk DOA untuk menghantarkan roh leluhur mereka kembali kealamnya dan mencapai surga dengan tenang dan penuh kebahagiaan.
Dan di tradisi ini orang jepang akan menggunakan buah TERONG sebagai simbolis seekor SAPI yang di percaya sebagai kendaraan leluhur kembali menuju alam sorga dengan tenang dan damai.  (gambar diatas),

 

Di blog ku kali ini, aku juga menyempatkan diri bersama istri untuk ikut OHAKA MAIRI (ziarah ke makam) keluarganya. Makam ini terletak di kaki gunung ROKKO, daerah Ashiya shi, Kobe.

sempat juga sdikit mengabadikan beberapa foto pada saat itu. tapi sayang tradisi BON ODORI  dan BON MATSURI nya gak sempet ambil kamera.

obon di jepang

Di pintu masuk makam saat baru sampai,,,,,,

 

 

obon di jepang kuburan

Suasana didalam makam.
Saat itu memang suasana makam sudah agak sepi. Karena waktu saya datang sudah agak sedikit sore, jadi orang2 yang berziarah sudah banyak yang selesai. di foto ini terlihat model pemakaman di jepang hanya berbentuk batu nisan saja, yang ditata dengan rapi.

 

batunisan di kuburan di jepang

Di foto saya ini memperlihatkan batu nisan utama atau semacam sebuah tugu sebagai tempat pemujaan ziarah secara bersama sama(masal) dengan orang lain.

 

sebelum mulai ziarah di kuburan jepang

Sebelum memulai pemujaan sesuai tradisi orang jepang, terlebih dahulu diatas atau di sebelah batu nisan tersebut kita taruh dulu seikat bunga warna warni sebagai lambang keiklasan hati kita pada saat melakukan pemujaan.
Dan setelah itu, batu nisan tersebut di siram dengan air sebagai lambang ke bersihan hati kita sebelum berziarah.

 

 

ziarah di kuburan jepang

Setalah semua tahap tadi selesai, barulah di letakan sesajen dalam bentuk apa saja sesuai dengan makanan/minuman kesukaan leluhur semasa hidupnya. Dan tradisi ini dilakukan setiap orang jepang dengan cara yang berbeda beda sesuai kepercayaannya masing masing.

 

balik dari kuburan di jepang

Setelah acara selesai, sembari duduk duduk si depan makan sambil melihat lihat pemandangan kota dan laut ASHIYA dari atas yang begitu mempesona.

 

 

Baiklah sahabat semua, itu tadi sekilas tulisan saya tentang budaya atau tradisi orang jepang tentang OBON,OHAKA MAIRI, BON MATSURI dan BON ODORI.  semoga bermanfaat ya sahabat. sampai jumpa lagi di blog yang berikutnya.





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*
CAPTCHA